DINAS KOPERASI, UMKM, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KOTA PAYAKUMBUH

DARI PAYAKUMBUH FASHION WEEK 2014, DIRJEN IKM EIUS SAEDAH TAMPIL DALAM SEMINAR TENUN

Direktur Jendral IKM Kementerian Industri RI, Eius Saedah hadir di Payakumbuh, Selasa (27/5). Ibu Dirjen tersebut tampil sebagai pembicara tunggal dalam Seminar Tenun dan Kerajinan kegiatan Payakumbuh Fashion Week 2014, di lantai III Pondok Promosi Industri di Medan nan Bapaneh Payakumbuh.

Seminar tenun dan kerajinan itu, dihadiri Ketua Dekranasda Payakumbuh Dr. Henny Yusnita Riza Falepi, Sekdako H. Benny Warlis, Ketua Dekranasda Kota Pekanbaru Hj. Asmita Firdaus, sejumlah pimpinan SKPD terkait dan 50 pengrajin industri tenun dan bordir di Payakumbuh. Seminar itu dilaporkan Ketua Dekranasda Dr. Henny untuk membangkitkan industri tenun dan bordir serta songket ke depan.

 

Tema yang diusung Mengangkat Tekstil Tradisional Dalam Pengembangan Fashion di Sumbar dan Payakumbuh khususnya. Tema tersebut mudah-mudahan akan menggairahkan semangat pelaku usaha industri tenun, bordir dan songket di kota ini makin terpacu untuk berimprovisasi dalam mengembangkan produksi fashion, sesuai dengan perkembangan zaman.

 

Menurut Dirjen IKM Euis Saedah, Perpres No. 28 Tahun 2008, tentang Kebijakan Industri Nasional, memberi peluang bagi selurih kota dan kabupaten untuk melakukan pemetaan industri. Kota Tasikmalaya di Jawa Barat, pantas menjadi acuan dalam mengembangkan industri fashion ini. Karena itu, iven Payakumbuh Fashion Week diyakini Dirjen akan mampu memberikan dampak positif terhadap dunia industri fashion di kota ini.

Dikatakan, Sumatera Barat atau Kota Payakumbuh kaya dengan potensi industri fashion. Produksi lokal daerah ini, seperti bordir, tenun dan songket tak kalah dengan produksi industri fashion kota dan kabupaten lainnya di Tanah Air. Hanya saja selama ini, promosi industri kerajinan tekstil ini belum terlalu gencar dan banyak dilakukan dari mulut ke mulut saja. Tapi, menurut Dirjen IKM Euis Saedah, dengan iven Payakumbuh Fashion Week, dalam beberapa tahun ke depan, dunian fashion Payakumbuh makin terkenal.

 

Dinas Koperasi UKM Industri Perdagangan bersama Dekranasda Payakumbuh, diapresiasi Dirjen IKM telah membuka jalan untuk pengembangan UMKM di kota ini dan Sumatera Barat secara umum. Sinergisitas Dekranasda bersama Diskoperindag ini, mudah-mudahan berjalan dengan baik, dalam membina UMKM. “Kita dari Kementerian Industri RI, akan merekomendasikan, agar daerah lain bisa pula belajar ke Payakumbuh dalam membina dan mengembangkan UMKM,” kata Dirjen Euis.

Sembako Harga (Rp)
Beras    11.000/kg
Gula Pasir 12.500/Kg
Minyak Goreng 15.000/Kg
Daging Sapi 105.000/Kg
Daging Ayam 25.000/Kg
Telur 1.325/btr
Susu Kental Manis 10.000
Jagung 4.500/kg
Minyak Tanah 11.000/l
Garam Beryodium 1000
Bawang Putih 16.750/Kg
Bawang Merah    27.500/Kg
Terigu 7.500/Kg
Cabe Merah 34.000/Kg
Kacang Hijau 20.000/kg
Kacang Tanah 22.750/kg

 

 

Apakah website ini membantu?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:
 
Powered by Sexy Polling