DINAS KOPERASI, UMKM, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KOTA PAYAKUMBUH

Empat Petak Toko Blok Barat Terbakar di Payakumbuh

altPusat Pertokoan Blok Barat di Kota Payakumbuh, nyaris jadi abu, Minggu (24/2) malam. Lima mobil unit kebakaran yang cepat mengantisipasi musibah, sukses menyelamatkan pusat pertokoan itu.  Meski  empat petak toko di lantai dua hangus terbakar, tapi para pedagang diseputar TKP amat bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh kru Barisan Pemadan Kebakaran Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota dan Padangpanjang yang datang membantu.

“Tak terbayangkan bagi kami, kalau tak cepat diantisipasi, pusat pertokoan blok barat ini akan datar dengan tanah. Kami akan mengalami kerugian yang sangat besar,” ucap Lin, 47 tahun, salah seorang pedagang. Pasangan Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi dan Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar, memberikan apresiasi yang tinggi kepada awak Badan Pemadan Kebakaran Payakumbuh, Limapuluh Kota dan Padangpanjang.


“Sampaikan rasa terimakasih kami kepada seluruh anggota pemadam kebakaran, ya,” ucap Riza dan Suwandel kepada Kepala UPT Badan Pemadam Kebakaran Ali Imran, S.Sos, saat datang ke lokasi kebakaran, Senin (25/2).

Peristiwa kebakaran yang membuat pemilik toko dan warga jadi buncah itu, terjadi Minggu, sekitar pukul 22.15 WIB. Belum dketahui dengan pasti, dari mana asal api bermula. Tapi, malam itu warga sudah melihat kobaran api di lantai dua Toko Mas Bintang Baru Payakumbuh. Empat  petak toko di lantai dua itu, selama ini gudang dari Toko Mas Bintang Baru, Toko Sepatu Feea dan Penjahit Obras JK.

Informasi yang diterima dari pedagang, lantai dua milik keempat toko itu, selama ini tak pernah ditempati. Hanya berfungsi sebagai gudang. Menurut Ali Imran, biar pihak kepolisian yang menyelidikinya. “Tapi yang jelas, petak toko ini sudah berhasil diselamatkan,” sebutnya.

Walikota Riza Falepi dan Wakil Walikota Suwandel Muchtar, meminta dinas terkait, untuk memeriksa seluruh instalasi yang ada di pusat pertokoan itu. Selain itu, keduanya juga, memerintahkan, agar seluruh hydran kebakaran di kawasan Pusat Pertokoan Bertingkat Blok Barat dan Blok Timur, agar difungsikan. “Saya minta,  agar Kepala UPT Badan Kebakaran Payakumbuh melakukan koordinasi dengan PDAM, untuk  memfungsikan hydran kebakaran di kawasan pasar ini. Kalau kurang, tambah jumlahnya,” ucap Suwandel Muchtar.

Sembako Harga (Rp)
Beras    11.000/kg
Gula Pasir 12.500/Kg
Minyak Goreng 15.000/Kg
Daging Sapi 105.000/Kg
Daging Ayam 25.000/Kg
Telur 1.325/btr
Susu Kental Manis 10.000
Jagung 4.500/kg
Minyak Tanah 11.000/l
Garam Beryodium 1000
Bawang Putih 16.750/Kg
Bawang Merah    27.500/Kg
Terigu 7.500/Kg
Cabe Merah 34.000/Kg
Kacang Hijau 20.000/kg
Kacang Tanah 22.750/kg

 

 

Apakah website ini membantu?
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
  • Votes: (0%)
Total Votes:
First Vote:
Last Vote:
 
Powered by Sexy Polling